Pohon Turi Bunga Merah (Red Agati)

Pohon Turi Bunga Merah (Red Agati)
Bunga Turi Merah (Red Agati)


Pohon turi dengan bunga berwarna merah (Sesbania grandiflora) merupakan pohon  berkayu lunak berukuran kecil yang berasal dari genus Sesbania, diluarnegri dikenal dengan agati atau hummingbird tree. 
Pertumbuhan tanaman yang memiliki daunnya reguler dan berbentuk membulat ini dapat tumbuh dengan cepat. Pertumbuhan tanaman ini dapat mencapai tinggi 5-10 meter. Jenis bunganya ada dua warna putih atau merah bergantung pada spesiesnya.

Pohon Turi Bunga Merah (Red Agati)

 Pohon Turi Bunga Merah (Red Agati) memiliki Nama ilmiah (botanical name): Sesbania grandiflora

Turi (Sesbania grandiflora) merupakan pohon kecil anggota suku Fabaceae. Tumbuhan turi ini berasal diduga dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, yang kemudian telah tersebar ke berbagai daerah tropis dunia.

Masing masing daerah memiliki nama tersendiri untuk tanaman ini seperti:  turi (Jw., Sd., Tern., Tid., Hal., Sang., Alor); namun juga toroy (Md.), tuwi (Bl.), ketujur (Sas.), turing, suri (Sulut), tuli (Tal.), palawu (Bm.), gala-gala (Timor), ngganggala, kalala (Rote), suri (Mdw.), uliango (Gtl.), tanunu (Smb.), kayu jawa (Bare'e dan Mks.), ajatulama (Bgs.).Nama Inggrisnya, agathi, dipinjam dari namanya dalam bahasa Bengali, agati.(wikipedia).


Pohon turi dimakan apa?
Bunga Turi dapat dikonsumsi atau dijadikan sayur seperti di daerah jawa timur dibuat pecel, ada juga dibuat campuran sayur asem. 
Selain di Indonesia, kembang turi juga dikonsumsi seperti di negara di Laos, Vietnam, Thailand, dan Filipina. 

Bunga turi merah apa bisa di makan?

Kembang Turi yang Kaya Manfaat, Bunga turi biasanya dimasak seperti sayur asem memiliki rasa agak pahit dan juga gurih. 

Apakah Buah turi bisa dimakan?

Bentuk buah yang berbentuk polong hijau dengan pod rata, panjang, dan tipis, dimakan bersama-sama dengan daunnya di Sri Lanka. 

Daun turi digunakan untuk diuretik, antipiretik, dikunyah untuk menyembuhkan radang mulut dan tenggorokan.

Apa khasiat kembang turi merah?
Bunga turi bermanfaat untuk sakit kepala, memperbaiki penglihatan, katarak, menambah nafsu makan, sebagai astringen, acrid, dan antipiretik. Buahnya untuk demam, mengurangi rasa sakit, bronkitis, tumor, anemia, kolik, mengatasi keracunan.








Referensi: 
https://id.wikipedia.org/wiki/Turi


Comments