Kacang Kastanye atau Chesnut

Kacang Kastanye atau dikenal Chesnut
Kacang Kastanye atau dikenal Chesnut 

Kacang Kastanye atau dikenal Chesnut alias kacang kastanya (Castanea) merupakan nama genus bagi delapan atau sembilan spesies pohon atau juga perdu peluruh dari famili fagaceae yang berasal dari wilayah yang beriklim sedang di bumi belahan utara.

Kastanye ini memiliki empat spesies: 
Castanea sativa (kastanye Eropa)
Castanea dentata (kastanye Amerika)
Castanea crenata (kastanye Jepang)
Castanea mollissima (kastanye China)

Di Indonesia sendiri, chestnut atau kacang kastanya ini lebih dikenal dengan kacang kastanye yang berasal dari bahasa Belanda, yaitu Kastanje.

Pohon Kacang Kastanye
Pohon Kacang Kastanye 

Kacang kastanye ini memiliki ukuran sebesar biji nangka, memiliki warna kecoklatan seperti biji salak. 
Melihat kacang kastanye pada pohonnya anda tidak akan menyangka bahwa ini adalah pohonnya, karena kacang kastanye ini terbungkus oleh buah duri-duri yang berwarna hijau. Di dalam buah yang berselimuti duri ini terdapat dua sampai tiga biji kastanye.

Rasa Kacang Kastanye 
Rasa kacang kastanye rasanya yang enak dan agak manis, memiliki rasa hangat yang khas seperti saat kita makan kentang panggang. Ada juga yang bilang rasanya seperti biji nangka direbus.

Manfaat yang umum adalahuntuk pengganjal rasa lapar saat sedang diet (karena cukup mengenyangkan), kacang kastanye ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. 
Kacang kastanye ini mengandung vitamin C dan B kompleks, zat besi, kalsium, asam folat, serat, protein, dan yang pastinya rendah lemak. 

Kacang Kastanye atau Chesnut ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita defisiensi ginjal dan bagi yang memiliki limfa lemah. Selain itu juga dapat mencegah penyakit hipertensi. 

Kacang kastanye ini bisa untuk bahan masakan.
Kacang kastanye ini bisa direbus, dibakar, dipanggang, atau pun dimasak dalam microwave. Kalau ingin yang sederhana coba saja masak dengan microwave, caranya cuci lalu belah kacang kastanye ini menjadi dua, masukkan ke dalam microwave dengan suhu yang sama saat jika kita memanggang  kentang dan tunggu kira-kira sekitar lima menit. Matang dan bisa langsung dinikmati.

Bisa juga dengan cara direbu, caranya: siapkan air dan tunggu hingga mendidih sambil menunggu air mendidih, kita buat belahan-belahan di salah satu bagian kacang agar lebih cepat empuk, lalu masukkan. Jika kira-kira ditusuk garpu sudah empuk silakan diangkat.

Selain sebagai cemilan, Kacang Kastanye ini juga digunakan dalam bahan campuran cake dan pastry dan biasa dipakai juga sebagai bahan campuran untuk memasak mie goreng dan chop suey.


Info:

Comments

Post a Comment