Khasiat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan
Khasiat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan


Ciplukan (Phisalis angulata L.) atau dalam bahasa Inggris disebut Morel Berry, Ground Berry,
 cutleaf groundcherry, wild tomato, camapu, dan winter cherry. Dalam bahasa China: Deng Long Cao. Dalam bahasa daera antara lain di kenal dengan nama: Ceplukan(Melayu), Leletop (Sumatera timur), Ciplukan, Ceplokan, Ceplukan sapi, Ceplukan, Cecendet, Cecendetan, Cecendet kunir, Cecenet, Cecenetan, Cicindet, Cicinet, Nyornyoran, Yoryoran, Keceplokan, Kopok kopokan, Padang rase, Ciciplukan, Angket, Kenampok, Dededes, Lapunonat, Daun boba, Dagameme, Daun Kopo-kopo, Daun Loto-loto, Leletokan.


Ground cherry Fruit on the tree



Ceplukan merupakan tumbuhan liar yang sering dianggap buah tanaman gulma. Tumbuhan ini termasuk kedalam jenis terong-terongan.  Ceplukan memiliki bentuk buah yang khas seperti lonceng, Buahnya berupa bulatan-bulatan kecil dengan banyak biji dibungkus dengan kantong daun yang jika sudah matang akan menguning dan mengering. Buah Ceplukan ketika masih mentah memiliki rasa sangat pahit. Namun ketika matang, ceplukan akan berwarna kuning kecoklatan dengan rasa yang manis lezat.

Kandungan Kimia pohon Ceplukan
Pada pohon ceplukan mengandung senyawa-senyawa aktif yang ada antara lain saponin (pada tunas), flavonoid (daun dan tunas), polifenol, dan fisalin (buah), Withangulatin A (buah), asam palmitat dan stearat (biji), alkaloid (akar), Chlorogenik acid (batang dan daun), tannin (buah), kriptoxantin (buah), vitamin C dan gula (buah).
Menurut Sudasono dkk, Kandungan kimia dalam herba ceplukan antara lain Fisalin B, Fisalin D, Fisalin F, Withangulantin A. Pada biji antara lain protein, minyak lemak, asam palmitat dan asam stearat. Akar dari ceplukan mengandung alkaloid, sedangkan pada daun mengandung glikosida flavonoid dan pada tunas mengandung flavonoid dan saponin. (Sudarsono dkk., 2002).

Sifat dan khasiat buah Ceplukan
Rasa Herba Pohon Ceplukan pahit dan bersifat dingin. Berkhasiat pereda demam, Penghilang rasa nyeri ( Analgesik), Peluruh kencing (Diuretik), Antitoksik dan pereda batuk.

Tanaman ceplukan bersifat analgetik (penghilang nyeri), detoksikan (penetral racun) serta pengaktif fungsi kelenjar-kelenjar tubuh. Saponin yang terkandung dalam ceplukan memberikan rasa pahit dan berkhasiat sebagai anti tumor dan menghambat pertumbuhan kanker, terutama kanker usus besar.
Flavonoid dan polifenol berkhasiat sebagai antioksidan. Seluruh bagian tanaman dapat digunakan
untuk mengobati kanker. Buah Physalis angulata L. berkhasiat sebagai obat gusi berdarah, obat bisul, dan juga obat mulas, sedangkan daunnya berkhasiat sebagai obat bisul. Untuk obat gusi berdarah dipakai ±30 gram buah masak Physalis angulata L., dengan cara dicuci dan dimakan (Anonim, 2007).

Daun Ciplukan (Physalis angulata) bermanfaat sebagai obat herbal untuk penyembuhan patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah. Sedangkan buah ciplukan sendiri sering dimakan langsung untuk mengobati epilepsi, sulit buang air kecil, dan penyakit kuning.

 



Ringkasan manfaat ciplukan untuk kesehatan dari pohon ciplukan,

Manfaat Buah Ciplukan:

1. Mengobati Kanker Payudara
Saponin yang terkandung dalam ceplukan memberikan rasa pahit dan berkhasiat sebagai anti tumor dan menghambat pertumbuhan kanker, terutama kanker usus besar.

2. Mengatasi Epilepsi
Kandungan zat berupa senyawa asam serta mineral yang ada di dalam daging buah, terbukti efektif membantu proses regenerasi sel saraf yang telah mengalami kerusakan. Sehingga penyakit kambuhan dapat dicegah.

3. Mengatasi Hipertensi
Apabila menderita hipertensi, maka segera mengkonsumsi buah ciplukan baik secara langsung maupun dalam bentuk jus segar. Konsumsi ciplukan secara teratur dapat membantu mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi

3. Mencegah Diabetes
Pohon ciplukan, mulai dari akar hingga buah mengandung zat dan senyawa yang berfungsi membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

4. Mengatasi Sakit Tenggorokan
Kandungan senyawa aktif bernama karotenoid di dalamnya, bersifat sebagai anti inflamasi yang membantu mengurangi radang dan nyeri.

5. Mengobati Bronkitis
Salah satu alternatif obat alami untuk mengobati bronkitis adalah dengan mengonsumsi pohon ciplukan. Selain membeli kapsulnya di apotik, Anda juga bisa mengolahnya secara manual dengan cara meminum air rebusannya.

6. Menurunkan Kolesterol
Naiknya kadar lemak jahat atau LDL di dalam darah memang dapat menimbulkan dampak fatal.  Anda dapat menggunakan manfaat buah ciplukan yang mengandung zat asam guna menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

7. Mengobati Demam
Mengkonsumsi buah ciplukan secara berkala, maka akan menguatkan sistem antiboby pada tubuh.

8. Mengatasi Penyakit Kulit
Menderita penyakit kulit seperti kadas, kurap dan borok memang sangat tidak menyenangkan. Semua penyakit kulit tersebut dapat diberantas tuntas dengan memanfaatkan daun pohon ciplukan yang sudah ditumbuk halus, lalu oleskan di area kulit yang ditumbuhi penyakit secara teratur, sakit kulit akan hilang.

9. Mengobati Sariawan
Buah ciplukan kaya akan kandungan Vitamic C dan antioksidan yang bersifat menyembuhkan. Memiliki khasiat besar dalam mengobati sariawan di dalam mulut. Zat anti inflamasi di dalamnya berfungsi untuk meredakan radang, nyeri, dan mengeringkan luka yang timbul, mengkonsumsi buah ciplukan secara teratur dapat membuat sariawan sembuh.

10. Meningkatkan Kecerdasan
Kandungan multi vitamin yang terdapat dalam buah ciplukan memang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif solusi meningkatkan kecerdasan. Buah Ciplukan inicocok dikonsumsi anak-anak guna mendukung masa pertumbuhan.

11. Penangkal Radikal Bebas
Kandungan Vitamin C dan antioksidan cukup tinggi dalam buah Ciplukan berkhasiat sebagai penangkal radikal bebas. Konsumsi buah ini secara rutin sehingga aktivitas kuman, bakteri ataupun virus jahat yang ingin masuk ke dalam tubuh dapat dicegah.

12. Mengatasi Nyeri Sendi
Keluhan nyeri sendi yang dibiarkan berlarut-larut dapat berakibat sangat fatal. Karena jika sudah parah maka rasa sakit dan keram dapat bertahan hingga beberapa waktu yang menyebabkan aktivitas terganggu. Salah satu metode tradisional untuk mengatasi nyeri di area sendi dan otot adalah dengan menggunakan daun ciplukan. Kandungan anti inflamasinya dapat meredakan radang sendi.

13. Mendukung Program Diet
Pemanfaatkan ciplukan untuk mendukung program diet ternyata terbukti cukup manjur. Buah ini mengandung suplai rendah kalori, dengan hitungan 53 kalori /100 gram. Sehingga tidak akan memengaruhi berat badan. Selain itu, aman dikonsumsi untuk penderita maag dan asam lambung.

14. Anti Aging
Kandungan Vitamin C dan antioksidan di dalamnya bisa membentuk kolagen alami. Konsumsi buah ciplukan secara taratur dapat menghindarkan kulit dari keriput atau penuaan dini.

Cara Pemakaian Pohon Ciplukan untuk Obat:
Untuk obat yang diminum: Rebus daun ciplukan segar (15-30 gram) atau kering ( 5 -10 gram).
Untuk obat luar : giling daun ciplukan segar sampai halus, tempelkan pada tempat yang sakit seperti: radang kulit bernanah(Impetigio) dan Eksim.
Air rebusan pohon Ciplukan ini juga dapat digunakan membasuh kulit yang meradang.

More:
Ciplukan ( Physalis angulata )
Khasiat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Comercial Info :


Mobile ads:





Referensi:
- Atlas tumbuhan obat  jilid 4 dr Setiawan Dalimarta.
- LAPORAN PENELITIAN Ekstraksi Batang Physalis - e-Journal Unpar journal.unpar.ac.id/index.php/rekayasa/article/viewFile/250/235
- EFEK HEPATOPROTEKTIF EKSTRAK ETANOL 70% DAUN CEPLUKAN (Physalis angulata L.) TERHADAP MENCIT JANTAN GALUR SWISS TERINDUKSI PARASETAMOL
Physalis angulata L. eprints.ums.ac.id/2352/1/K100040235.pdf


Comments

Post a Comment