Khasiat Jeruk Nipis

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Batuk dan Demam
Potong satu buah jeruk nipis yang telah masak,lalu peras airnya ke dalam gelas. Tambahkan kecap atau madu yang jumlahnya sama dengan air perasan jeruk nipis tadi. 
aduk sampai rata lalu minum sekaligus. lakukan satu hari 2 kali sampai sembuh.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Batuk Influenza
Potong satu buah jeruk nipis yang telah masak,lalu peras airnya ke dalam gelas.
Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 0.5 sendok teh kapur sirih sambil diaduk rata minum ramuan ini sehari 2x sendok makan.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Batuk Karena Angin, Influenza, Sakit Perut, Diare, dan Nyeri Haid.
Sediakan 5 sendok makan air jeruk nipis, 2 sendok makan minyak kayu putih dan kapur sirih sebesar biji asam. Campur bahan bahan tadi lalu aduk sampai rata. Untuk penderita batuk dan Influenza balurkan ramuan tersebut pada leher dan dada
dan punggung. Untuk penderita sakit perut, diare dan nyeri haid balurkan ramuan tadi pada bagian perut dan punggung . lakukan 2-3 kali sehari.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kepala Pusing
Cuci 1/2 genggam daun jeruk nipis segar sampai bersih, lalu giling halus. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis sambil diaduk rata. gosokan ramuan ini pada bagian tengkuk, dahi, dan pelipis. lakuka 2-3 kali sehari.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Radang Tenggorokan
Potongh 3 buah jeruk nipis masak,lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas lalu, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata.Selagi hangat gunakan ramuan ini untuk berkumur dalam mulut dan tenggorokan selama 2-3 menit. lakukan 3 kali sehari.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Sakit Tenggorokan, Abses Tenggorokan
Tuangkan air perasan 2 buah jeruk nipis dalam segelas air garam sambil diaduk rata. Guankan larutan ini untuk berkumur (di tenggorokan)

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Lendir di Tenggorokan
Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya kedalam gelas, tambahkan sedikit garam lalu aduk sampai rata. Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kosong.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Demam Pada Bayi dan Anak.
Potong 1 buah jeruk nipis, peras airnya kedalam gelas, tambahkan 3 buah bawang merah yang telah diparut ditambah sedikit garam dan 1 sendok makan minyak kelapa, lalu aduk sampai rata. kompreskan ramuan tadi pada ubun ubun dan kepala bayi atau anak.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kurap atau Panu
Cuci 1 genggam akar landep(Barleria Prionitis) sampai bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kali sehari sampai sembuh.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Jerawat
1. Potong jeruk nipis secukupnya, lalu peras airnya kedalam cawan. Tambahkan 1 sendok teh bubuk belerang sambil diaduk rata. Oleskan campuran tersebut ke wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa jam, lalu muka dapat dibersihkan kembali. lakukan setiap hari sampai jerawat sembuh.
2. Potong jeruk nipis masak tipis tipis. Gosokan potongan tersebut ke bagian wajah yang berjerawat dan berminyak. lakuka 2-3 kali sehari.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Demam, panas pada malaria
Sediakan daun jeruk nipis, daun kendal( cordia obliqua willd) daun sembung masing masing 3 lembar dan 5 lembar daun prasman. Rebus bahan bahan tersebut dalam 3 gelas air samapai tersisa 1 gelas air. setelah dingin saring dan air saringan di bagi untuk 2 kali minum pagi dan sore hari.


More:
Khasiat Jeruk Nipis

Comments