Google search

Info

06 December, 2019

Klasifikasi ilmiah Apu-apu (Pistia stratiotes)

Klasifikasi ilmiah Apu-apu (Pistia stratiotes)
Tanaman air Apu-apu (Pistia stratiotes) 

Apu-apu, kapu-kapu, atau kayu apung (Pistia stratiotes) merupakan tanaman air, banyak digunakan sebagai penghias kolam. Selain itu apu-apu dapat berfungsi sebagai pembersih dari pencemaran air.
Selain itu, tumbuhan ini dapat juga berperan sebagai pembersih air terutama untuk menyerap limbah akibat pencemaran bahan radioaktif dan logam berat dalam limbah industri yang terdapat di dalam air. Asal tumbuhan ini tidak jelas namun telah diketahui menyebar di seluruh wilayah tropika dan subtropika. Tumbuhan air apu-apu, termasuk tanaman hias yang mudah perawatannya dan bandel.

Tanaman air ini dalam bahasa Inggris disebut water cabbage, water lettuce, Nile cabbage, atau shellflower. Nama Lokal Apu apu ada banyak, setiap daerah memiliki nama tersendiri mulai dari apu-apu, kapu-kapu, kiapu, ki apung, kayu apu, atau kayu apung.

Daun Tanaman Apu apu
Bentuk daunnya dengan ujung membulat dan pangkal agak meruncing., memiliki warna hijau atau hijau kebiruan dan berubah kekuningan saat tua. Daunnya memiliki panjang sekitar 2-10 cm dengan lebar antara 2-6 cm. Tepi daun berlekuk-lekuk dan memiliki rambut tebal yang lembut pada permukaannya.
Memiliki daun tebal, kenyal, dan lembut, sepintas membentuk pahatan seperti bentuk mahkota bunga mawar. Daun-daun ini tersusun secara roset di dekat akar hingga membentuk bagian seperti batang tanaman dan memiliki pertulangan daun sejajar.

Akar Tanaman Apu apu
Tanaman Apu-apu memiliki akar menggantung di bawah roset dan memiliki stolon, dengan panjang  akar (hingga 80 cm) yang berwarna putih. Rambut-rambut akar membentuk suatu struktur seperti keranjang yang dikelilingi gelembung udara, sehingga meningkatkan daya apung tumbuhan itu.

Bunga Tanaman Apu apu
Tanaman air apu-apu (Pistia stratiotes) memiliki bunga dengan tipe bunga tongkol yang muncul di ketiak daun. Warna bunga keputihan, berukuran sekitar 1 cm. Buahnya buni, berbentuk bulat, berwarna merah, dengan ukuran 5-8 cm. Bijinya bulat, berwarna hitam, berukuran sekitar 2 mm.

Habitat Tanaman Apu apu
Tanaman Apu apu ini tumbuh di air yang tenang, seperti kolam, danau, rawa-rawa, hingga sungai yang aliran airnya tenang.
Tumbuh ini hidupnya mengapung  di permukaan air yang banyak terkena sinar matahari langsung. Apu apu berkembang biak secara generatif melalui biji dan vegetatif melalui stolon. Pertumbuhan  tanaman air ini sangat cepat. Bahkan jika dibiarkan pertumbuhannya cenderung menjadi gulma.

Khasiat Tanaman Apu apu
Tanaman dengan beberapa sebutan yang nyaris mirip mulai dari apu-apu, ki apu, kapu-kapu, ki apung, kayu apu, atau pun kayu apung ternyata memiliki khasiat sebagai obat lebih dari sekedar tanaman air hias yang berfungsi sebagai penghias kolam belaka. Tumbuhan ini mengandung alkaloid, tanin, flavonoid, saponin, minyak, lemak dan glikosid sehingga dapat pula digunakan sebagai bahan obat herbal dalam mengobati demam, batuk rejan, dan pelancar air seni.

Klasifikasi Ilmiah Apu-Apu.
Kerajaan : Plantae.
Filum : Tracheophyta.
Kelas : Liliopsida.
Ordo : Alismatales.
Famili : Araceae.
Genus : Pistia.
Spesies : Pistia stratiotes L.

Posting lainnya:
Adenium Merah Putih Mekar
Red Adenium Blooms
Red Adenium Flower in the Night Photoshoot
The exotic of Adenium flower Bunga Cantik Lainnya

Comercial Info :


Mobile ads:


No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Business

Info:

Visitor

free counters

Tag

TAG: #Flower #fruit #Tree #Ornamental plant #Vegetable
#Medicinal Herbal #Unique plant #Exotic plant #Gardening #Herbal Tree #Seed #Gardening #Seed #Indonesian Plant #Plants in Indonesia #Photos of the Plants in Indonesia
#Photos of the Plants #Exotic plants in indonesia.