Efek samping mengonsumsi daun singkong


Efek samping mengonsumsi daun singkong
Efek samping mengonsumsi daun singkong 

Salah satu sayuran hijau favorit adalah daun Singkong sangat populer di masyarakat dari berbagai kalangan.  
Selain rasanya yang lezat ternyata sayuran daun singkong memiliki kandungan nutrisi tinggi serta bemanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Kandungan Nutrisi yang terdapat di daun singkong seperti serat, protein, karbohidrat, asam amino esensial, zat besi, serta vitamin A dan B1. Selain itu, daun singkong juga mengandung senyawa isoflavon cukup tinggi, mengonsumsi isoflavon secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit stroke.

Baca: Manfaat daun singkong untuk kesehatan yang perlu diketahui.

Kandungan Nutrisi yang tinggi didalam daun singkong, serta bemanfaat bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi daun singkong secara berlebihan ternyata tidak baik,  justru akan menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Berikut ini adalah efek samping mengonsumsi daun singkong secara berlebihan:

1. Mengakibatkan keracunan
Kandungan Linamarin dan Lotaustralin yang terdapat di daun singkong, berpotensi menjadi racun sianida yang jika mengendap dan mengiritasi di jaringan tubuh dapat mengakibatkan keracunan,  ditandai dengan muntah muntah.

2. Sakit perut
Asam lambung, dinding lambung akan mengalami tekanan dan luka jika kita terlalu banyak mengonsumsi daun singkong secara berlebih. Hal ini terjadi dikarenakan adanya senyawa pada daun singkong bersifat sianida. Senyawa ini mengacaukan sistem dan kinerja jaringan perut sehingga menyebabkan sakit perut, mual mual, dan disertai muntah.

3. Sesak Napas
Senyawa sianida dalam daun singkong juga berisiko menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pada saluran pernafasan yang dapat menyebabkan sesak napas, dada nyeri dan terasa seperti sedang terhimpit benda berat.

4. Kadar kolesterol
Mengkonsumsi daun singkong karena dapat meningkatkan kadar kolesterol. Kondis seperti ini dalam jangka panjang dikhawatirkan dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah yang dapat menghambat kinerja organ tubuh vital antara lain jantung.

5. Asam Urat
Daun singkong mengandung zat purin yang dapat menyebabkan meningkatnya asam urat di persendian yang menimbulkan rasa nyeri dan peradangan. Sehingga Daun singkong sangat tidak cocok bagi seseorang yang memiliki kadar asam urat tinggi, jika dikonsumsi secara berlebihan. 

6. Darah Tinggi (Hipertensi)
Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi, sebenarnya masih diperbolehkan mengkonsumsi daun singkong dalam takaran yang sedikit. Tapi, disarankan tidak mengolahnya dengan santan karena lemak pada santan dapat memengaruhi tekanan darah dan mengganggu aliran darah.

Daun singkong jika dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan, bisa dijadikan salah satu menu alternatif pengganti sayuran lain karena mengandung gizi yang sama seperti bayam, kangkung atau katuk.

Dari banyak literatur yang ada di Internet, ternyata semua jenis singkong mengandung racun apabila tidak diolah dengan baik. Namun racun ini bisa hilang jika dipanaskan atau dimasak dengan benar.


More:
Manfaat daun singkong untuk kesehatan
Efek samping mengonsumsi daun singkong
Singkong Karet (Manihot glaziovii M.A) dapat di makan?

Comments